Selasa, 17 Desember 2019

Basecamp Gunung Bismo via Silandlak Wosobo



Pertama kali mendengar kata Bismo yang tersirat dalam pikiranku adalah salah satu nama tokoh dalam pewayangan pada cerita Mahabarata. Bisma sendiri adalah kakek dari Pandowo dan Kurowo. Namun  kali ini yang ingin kubagikan adalah sebuah nama Gunung yang bernama Bismo yang terletak di daerah Wonosobo. Gunung yang berketinggian 2338 MDPL ini terletak di tengah-tengah kota Wonosobo. Bisa ditempuh dari beberapa basecamp seperti Sikunang dan Silandak. Akan tetapi jalur yang sudah resmi adalah jalur Silandak. 

Untuk menuju ke basecamp ini dari Alun-Alun Wonosobo menuju ke arah Dieng, kurang lebih 1-2 km setelah Pom Bensin kita belok kiri menuju desa Silandak. Menuju ke basecamp ini jalannya cukup jauh dan ada beberapa jalan yang rusak, adapula jalan yang masih alami dengan tatanan batu kali yang sangat rapi. Namun menjelang basecamp jalan sudah beraspal halus dengan kanan kiri tebing dengan pemandangan ladang teras iring petani di kampung tersebut.

Basecampnya tidak terlalu besar namun bersih dan rapi. Saat kami masukpun kami disambut hangat oleh pengelola basecamp Silandak dengan segelas teh hangat yang khas rasanya. Parkir motor tidak terlalu luas, mungkin hanya bisa memuat 30-50 motor. Apabila menggunakan mobil untuk akses ke basecamp ini harus exstra hati-hati dengan jalan yang sempit dan jika berpapasan dengan mobil lain harus pandai-pandai mencari celah untuk berhenti dan bergantian jalannya dan di basecamp Silandak sendiripun belum tersedia untuk parkir mobil. Kalaupun pakai mobil diparkirkan di bahu jalan utama desa Silandak.

Di basecamp Silandak sendiri juga ada gasebo yang cukup besar sekedar untuk duduk saat mau naik ataupun turun dari gunung Bismo. Tempat ibadah juga tidak terlalu jauh hanya 50 meter ada mushola yang terletak di sebelah kanan basecamp. Fasilitas lain seperti warung juga tersedia dengan makanan khas ala Wonosobo dan pas untuk kantong para pendaki. Toilet yang bersih juga tersedia di sebelah kiri basecamp. Dengan mata air yang bersih dari gunung Bismo ini rasanya sangat segar saat kita cuci muka atau mandi setelah pendakian. Satu lagi fasilitas yang tersedia yaitu Ojek sampai batas ladang petani dengan harga Rp. 10.000.

Jadi rekomendasi untuk mendaki Gunung Bismo sebaiknya menggunakan motor untuk mencapai basecamp Silandak ini.
Comments


EmoticonEmoticon