Jumat, 26 Juli 2019

Pendakian Gunung Prahu dan Estimasi Perjalanannya


Gunung Dieng dengan Panoramanya
Siapa yang tak kenal dengan Gunung Prahu di Dieng Jawa Tengah, gunung yang memiliki pesona yang sangat menakjubkan dengan ribuan kilometer persegi sabana yang terbentang. Gunung ini terletak di Dieng yang termasuk di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Prahu sendiri memiliki ketinggian 2565 MDPL yang berdekatan dengan dengan gunung-gunung lain di sekitar Dieng seperti Gunung Bismo, Gunung Kembang, Bukit Sikuni dan beberapa gunung lainnya. Gunung ini memiliki basecamp yang bisa digunakan untuk melakukan pendakian seperti:
- Basecamp Patak Banteng
- Basecamp Wates
- Basecamp Dieng
- Basecamp Candi Dwija Dieng
Kesemua basecamp mengerucut ke Puncak yang sama namun berbeda dalam durasi waktunya. Akan tetapi rata-rata untuk sampai ke puncak Gunung Prahu ini dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari setiap basecamp yang membedakan adalah jalur menjuju ke puncaknya.

Khususnya Basecamp Patak Banteng yang sejauh ini menjadi basecamp paling ramai diantara basecamp yang lain. Selain merupakan jalur yang cukup dekat untuk sampai ke sunrise camp, basecamp ini juga sangat dekat dengan jalan raya dan menyediakan tempat parkir yang sangat luas.

Perjalanan menuju ke Puncaknya cukup terjal memang, pertama kita akan disambut dengan anak tangga pelangi yang unik sebelum kita melintasi kebun petani yang berujung ketemu dengan jalan babatuan yang lebar yang digunakan oleh para petani melintas dengan kendaraannya mengakut hasil panennya. Munuju pos 1 juga tidak terlalu lama kurang lebih 30-45 menit kita akan sampai pos 1atau yang biasa disebut dengan SIKUT DEWO. Perjalanan menuju pos 1 juga banya ditemui para pedagang souvenir yang menjajakan dagangannya, meski harga tidak jauh beda dengan harga yang di basecamp tetapi tidak jarang pula para pendaki singgah untuk melihat lihat dan membelinya.

Sepanjang jalan menuju puncakpun masih ada beberap para pedangang makanan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat istirahat dan mengisi perut. Menuju ke Pos 2 CANGGAL WALANGAN kita akan melewati hutan pinus yang cukup rimbun dan teduh. Tidak terlalu lama untuk sampai ke pos 2 kurang lebih 20-30 menit perjalanan. Jalannya terkadang datar dan terkadang terjal dan memasuki pertengahan pos 2 ke pos 3 jalan sudah mulai menanjak tajam. Pijakan - pijakan tanah yang sangat licin pada musim penghujan dan berdebu pada saat kemarau ini sangat menguji kesabaran kita dan memang harus ekstra hati hati jika melintasi jalan ini. 

Menjelang pos 3 CACINGAN memang sudah dibuat anak tangga yang bertujuan untuk memudahkan para pendaki untuk berjalan, sedikit dibuat berkelok memang cukup mengurangi beban kaki untuk melangkah. Di pos 3 ini kita sudah bisa melihat pemandangan kota Dieng dan sekitarnya. Dimalam hari lampu lampu kota berkelap kelip semakin menambah cantik keindahan kota Dieng di malam hari. Pada siang harinya di pos 3 ini pula jika cuaca bersahabat kita bisa melihat Telaga Warna yang indah. Dari sini pula kita akan bisa melihat Gunung Slamet yang terlihat kecil di sebelah baratnya. Untuk sampai pos 3 ini memang jalur terlama di Patak Banteng ini, kurang lebih 1 jam dengan medan yang terjal tentunya memang butuh stamina yang kuat.
Sunrise Camp di Malam hari

Selepas dari pos 3 kita akan menuju pos 4 yang disebut dengan PLAWANGAN. Tempat ini yang menjadi favorit pagi para pendaki untuk mendirikan tendanya. Sebagai sun rise camp tentunya akan banyak hiruk pikuk dan canda tawa para pendaki yang menanti matahari terbit. Kurang lebih 15 menit kita akan sampai di pos 4 ini dan rata-rata para pendaki meraka akan berlama-lama di sun rise camp ini karena keindahan tempat ini menjadi spot foto yang paling digemari untuk diabadikan. Banyak area tempat untuk mendikrikan tenda, jadi jangan pernah bingung jika mau camp di sini ya gaesss....

Dari pos 4 Plawangan jika ingin ke puncak juga tidak terlalu jauh. Nanti akan melewati bukit teletabis dengan hamparan sabananya yang hijau atau tergantung musim juga sebenarnya. Namun sebelum sampai bukit teletabis ini kita akan bertemu dengan nama yang unik yaitu Padang Lonte Sore, hiiiiii jangan berpikir negatif ya man temannnn. Selanjutnya untuk menuju ke puncak juga sudah tidak lama lagi dari bukit teletabis ini.

Estimasi waktu
Basecamp - Pos 1 (Sikut Dewo) = 45 menit
Pos 1 - Pos 2 (Canggal Walangan) = 30 menit
Pos 2 - Pos 3 (Cacingan) = 1 jam
Pos 3 - Pos 4 (Plawangan) = 15 menit
Pos 4 - Puncak = 30 menit

Semoga bermanfaat, jika ada tulisan yang mungkin kurang benar mohon diberikan komentar yang bersifat membangun.

View yang tidak membosankan


Comments


EmoticonEmoticon