Rabu, 22 Mei 2024

Muncak Merbabu via Thekelan Kopeng Salatiga, Kamu Bisa Lewati Rute Ini



Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3142 MDPL menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Mereka datang dari berbagai wilayah kota lain di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan dari luar pulau Jawa juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan koceknya untuk mengunjungi gunung Merbabu yang terkenal dengan keeksotisan pemandangannya.

Persiapan yang baik tentu akan memperlancar teman-teman untuk mendaki gunung Merbabu. Salah satunya rute perjalanan yang harus dipersiapkan dengan baik, sehingga tidak salah jalur untuk bisa ke basecamp yang diinginkan.

Basecamp legendnya gunung Merbabu yakni Thekelan yang berada di desa Kopeng, Jawa Tengah. Lokasi yang berada di dalam perkampungan yang memiliki ketinggian kurang lebih 1300 MDPL membuat para pengunjung dari luar kota sedikit bingung untuk mencari transportasi baik darat ataupun Udara. Untuk mempermudah teman-teman sampai di basecamp Thekelan, berikut saya sampaikan rute-rute untuk sampai di basecamp Thekelan:

Rute ke Basecamp via Darat.

A. Jawa Barat dan Sekitarnya

Apabila anda dari Jawa Barat atau arah barat bisa menggunakan transportasi umum baik bus ataupun kereta api. Naik bus dari arah barat dengan tujuan kota Solo kemudian turun di Pasar Sapi atau terminal Tingkir Salatiga. Setelah itu naik micro bus ke arah Kopeng turun di Indomaret Kopeng. Dari Indomaret anda bisa menggunakan jasa ojek ke Basecamp Thekelan. 

Rekomendasi bus yang cepat dan murah yaitu kelas PATAS - Excecutive antara lain, bus Sinar Jaya, Gunung Mulia, Bhaladika, Haryanto, Laju Prima, Agra Mas dan lain-lain, tarif bus kurang lebih Rp. 250.000 - Rp. 300.000 sudah dapat snack dan makan sekali.

Rekomendasi bus yang nyaman tersedia beberapa kelas, Executive, Suite Class, Super Excecutive yaitu bus, Rosalia Indah, Putera Mulya, Indorent, Raya, Gunung Harta, Harapan Jaya dan lain-lain. Tarif bus kurang lebih Rp 350.000 - Rp. 500.000 tergantung dari kelas yang anda pilih.

Apabila anda lebih nyaman menggunakan kereta api, anda bisa turun di Stasiun Tawang Semarang. Dari Stasiun Tawang biasanya sudah ada jasa transportasi untuk ke seluruh basecamp gunung di Jawa Tengah, namun untuk tarif tentu berbeda-beda. Untuk sampai ke basecamp pendakian gunung Merbabu via Thekelan biasanya dikenai tarif untuk satu elf atau kendaraan pribadi sebedar Rp 500.000 bisa diangkat dengan teman-teman sekali jalan. Namun jika tidak ada jasa travel maka anda bisa memakai jasa transportasi umum. Trans Semarang ke arah terminal terboyo (Rp. 5000) kemudian naik bus jurusan Solo (Safari, Raya, Ismo, Taruna) tarif Rp 20.000 turun di Pasar Sapi Salatiga. Setelah itu naik micro bus harga Rp. 7000 - 10.000 ke arah Kopeng turun di Indomaret Kopeng. Dari Indomaret anda bisa menggunakan jasa ojek ke Basecamp Thekelan dengan tarif kurang lebih Rp. 25.000.

"Jadikan duniamu lebih bervariasi, berkeliling mencari inspirasi untuk lebih produktif dalam diri."

B. Jawa Timur

Khususnya dari arah kota Surabaya jalur selatan anda bisa naik bus EKA, Sugeng Rahayu dengan harga PATAS Rp 100.000 dan ekonomi Rp 75.000 turun di Pasar Sapi Salatiga. Kalau dari arah Solo dan sekitarnya anda bisa naik bisa jurusan Semarang (Safari, Raya, Ismo, Taruna) tarif Rp 20.000 turun di Pasar Sapi Salatiga. Setelah itu naik micro bus harga Rp. 7000 - 10.000 ke arah Kopeng turun di Indomaret Kopeng. Dari Indomaret anda bisa menggunakan jasa ojek ke Basecamp Thekelan dengan tarif kurang lebih Rp. 25.000.

Nomor telpon basecamp Thekelan Kopeng Jawa Tengah: +62 853-2500-8322

Links Basecamp Thekelan: https://instabio.cc/4031402o7gacb



Comments


EmoticonEmoticon