Rabu, 27 Februari 2019

8 Keunikan Gunung Prahu Dieng Wonosobo

Halo sobat Mountlover, pada tulisan ini saya akan berbagi pada kalian semua tentang Gunung Prahu di Dieng. Berlokasi di Dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang secara administratif berada di 5 kabupaten. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 MDPL yang menjadi surganya para pendaki untuk menghabiskan liburan di akhir pekan ataupun libur akhir semester dan lain lain.


Gunung Prahu Dieng

Ada beberapa keunikan tersendiri berkaitan dengan Gunung Prahu ini antara lain:


  • Memiliki sabana yang sangat luas terbentang dari Puncak Tower hingga di Puncak Tugu biasanya para sahabat pendaki menyebutnya Bukit Teletabis.
  • Pemandangan Gunung lawu yang amazing berlatar belakang Gunung Sumbing, Gunung Sindor dan Gunung Kembang, lebih mirip dengan label salah satu produk air mineral di Indonesia
  • Jalur pendakian khususnya dari Patak Banteng akan melewati jalan terjal dengan suguhan akar-akar pohon yang kekar menjadi unik dengan seni Tuhan yang Maha Esa yang tiada duanya.
  • Sementara jalur lain seperti Wates, ada hiasan bunga yang terhampar sepanjang jalan, seperti taman syurga dunia yang tak ada habisnya.
  • Seperti gunung yang tidak terlalu tinggi lainnya, banyak pendaki yang tek tok untuk hanya untuk berburu sun rise ataupun pemandangannya.
  • Dari puncak Gunung Prahu ini, dataran tinggi Dieng hampir semua kelihatan termasuk Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, Candi Bima, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, Candi Setyaki.
  • Basecamp yang ramah hingga setiap para pengendara motor yang parkir, helm nya di kasih plastik untuk melindungi helm dari embun ataupun air hujan.
  • Jalur pendakian dengan anak tangga pelangi yang menjadi viral di sosmed.






Jadi untuk para sahabat yang hendak mendaki di Gunung Prahu jangan ragu lagi dengan  pemandangan yang di tawarkan olehnya ya. Terlebih dataran tinggi Dieng juga masih banyak tempat bagus yang bisa dikunjungi. Biasanya Gunung Prahu ini dibuka pendakian pada bulan Apri sampai dengan Desember. Untuk Januari sampai dengan Maret biasanya pendakian ditutup untuk umum. Jeda waktu tersebut digunakan untuk perbaikan jalur ataupun reboisasi. Tetap jaga kelestarian yang sahabat.
Comments


EmoticonEmoticon