Jumat, 01 Maret 2019

7 Keajaiban Gunung Semeru yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi



Gunung Semeru, merupakan gunung yang masih aktif hingga saat ini. Gunung ini secara geografis terletak di beberapa kabupaten. Gunung ini menjadi destinasi wisata yang sangat digemari oleh para pecinta alam di Pulau Jawa. Tidak jarang pulang para pecinta ketinggian juga datang dari penjuru Indonesia bahkan ada pula yang datang dari luar negeri.

Sehingga pada saat liburan tiba tentunya banyak sekali para pecinta alam yang menghabiskan waktunya di gunung Semeru ini. Tidak heran bagi para pecinta ketinggian ini selalu mengabadikan momen-momen yang indah selama di gunung Semeru. 

Dari pengalaman yang pernah saya alami, mendaki gunung Semeru itu memiliki daya tarik tersendiri. Ada 7 Keajaiban Gunung Semeru antara lain:

  1. Merupakan gunung api tertinggi ke dua setelah gunung Kerinci. Gunung ini memiliki ketinggian 3676 MDPL dengan medan pendakian yang sangat bersahabat dari Ranu Pane sampai di Kalimati.
  2. Gunung Semeru memiliki danau yang sangat cantik yang bernama Ranu Kumbolo. Luas Ranu Kumbolo ini 24 Hektar yang terbentang dengan air yang sangat jernih. Danau ini menjadi sumber air para pendaki untuk mengisi air untuk keperluannya. Ranukumbolo juga menjadi tempat camp vaforit para pendaki. bisa memuat 500 tenda atau lebih di lokasi ini. Memiliki sun rise yang sangat indah yang akan muncul diatara bukit yang membelah Ranu Kumbolo. Pada Ranu Kumbolo ini juga memiliki tanjakan yang memiliki nama yang unik yaitu Tanjakan Cinta. 
  3. Memiliki sabana yang luas yang dinamakan Oro - Oro Ombo. Di sini pula tumbuhlah bung yang sangat cantik yang bernama "Verbena Brasiliensis" . Bunga ini berwarna ungu yang mekar sempurna pada bulan Mei, Juni dan Juli yang bertepatan dengan dibukanya jalur pendakian gunung Semeru.
  4. Sumber air di Kalimati yang memiliki nama yang unik yaitu "Sumber Mani", jangan berfikir jorok ya shobat. Sumber ini pada musim kemarau tetap ada hanya mengalir sedikit-sedikit jadi harus ekstra sabar untuk mendapatkan mata air ini.
  5. Memiliki track summit terpanjang yaitu kurang lebih 1000 meter dengan jarak tempuh 6-7 jam. Biasanya para pendaki memulai summitnya pada pukul 00:00 WIB dini hari dan akan sampai di puncak pada pukul 06:00. Merupakan trek yang sangat melelahkan dengan medan berpasir dan berbatu labil. Harus ekstra hati jika saat summit ya shobat.
  6. Pada bulan Agustus memiliki suhu terdingin dengan kelembabab terendah, sehingga kita bisa menjumpai Embun Upas yang terkadang menjadi salju. So, siapkan perlatan pendakian yang komplit jika mendaki Gunung Semeru ya sob. 
  7. Yang paling ditunggu para pendaki adalah letupan yang keluar setiap 15 atau 20 menit sekali. Suara mendesis dan mengeluarkan abu vulkanik membumbung ke atas kurang lebih 200-300 yang berwarna putih kehitaman. Menjadi moment yang sangat amazing untuk diabadikan.

Rekomendasi untuk pendakian Gunung Semeru antara lain:
  1. Sebaiknya melakukan booking online satu bulan sebelum pendakian
  2. Mempunyai kontak pengelola jeep dari pasar tumpang, sehingga pada hari H tidak capek capek mencari Jeep.
  3. Administrasi pendafataran on line harus di tanggali pada hari H juga untuk menghindari mencari surat keterangan ulang di basecamp.
  4. Merencanakan waktu dengan tepat supaya tidak terburu-buru untuk check outnya.
Semoga bermanfaat ya sobat, Aamiin
Info lebih lanjut bisa hubungi 085725247115, untuk guide hehehehe
Comments


EmoticonEmoticon