Sabtu, 11 Januari 2020

15 Peralatan Mendaki Gunung Yang Wajib di Bawa Saat Mendaki



Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang bisa dikatakan ekstrim. Mengapa demikian, karena mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang memang cukup membutuhkan pengetahuan yang lebih. Selain itu orang yang suka mendaki gunung memang sudah harus siap dengan segala resiko seperti kedinginan, kepanasan, kotor, letih, kehujanan, kantong kering dan lain sebagainya. 

Akan tetapi namanya juga hobi, resiko di atas bukanlah menjadi alasan untuk tetap mendaki. Karena dengan mendaki gunung buat mereka akan mendapatkan rasa kepuasan tersendiri bagi mereka. Bahkan adapula mendaki di sebuah gunung sampai lebih dari sekali atau dua kali. Mungkin juga karena ada pepatah 

'' Tak akan lari gunung dikejar''

Sehingga terkadang ada rasa penasaran tersendiri apabila seseorang mendaki belum sampai puncak dari sebuah gunung tersebut yang akhirnya mereka bisa mendaki lebih dari satu kali pada sebuah gunung.


Nah sobat, mendaki gunungpun juga bukan hanya membutuh tenaga yang kuat saja, akan tetapi mental, pengetahuan dan dilengkapi peralatan yang cukup memadahi selama pendakian. Kita tidak mau kan jika mendaki tidak menggunakan perlengkapan yang safety. Berikut kami paparkan perlatan mendaki saat melakukan kegiatan mbolang, antara lain:

1. Tenda Dome
Ada bermacam - macam untuk ukuran tenda dome ini. Ada yang kapasitas 1 - 6 orang atau bahkan lebih dari enam orang. Kelebihan tenda dome ini adalah lebih mudah untuk mendirikannya. Selain itu juga lebih simple dalam melipatnya.

2. Matras
Adalah alas yang digunakan untuk tidur di dalam tenda. Ukuran matras ini juga variatif akan tetapi ukuran yang standar biasanya 50 cm x 200 cm. Berwarna hitam dan matras ini adalah tidak tembus air.

3. Tas Ransel (Keril)
Bukan seperti tas biasa layaknya tas kerja, akan tetapi tas ini berbentuk lebih besar dengan kapasitas bermacam-macam pula, dari 55 liter - 100 liter. Sesuaikan ukuran tubuh juga jika ingin menggunakan tas ransel ini.

4. Nesting
Merupakan peralatan untuk memasak selama pendakian. Ada yang berbentuk kota dan ada yang berbentuk kotak, tinggal kita lebih nyaman menggunakan yang mana.

5. Kompor gas portable
Kompor gas ini bentuknya kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana. Macam-macam dari kompor ini juga ada beberapa. Ada kompor standar, ada juga kompor yang wind proof (ada penutupnya dari terpaan angin)

6. Gas kecil
Berbentuk seperti tabung dengan tinggi kurang lebih 20-25 cm. Gas ini bisa didapatkan di toko-toko outdoor atau waralaba yang ada di kota-kota terdekat para pembaca. Kalaupun terpaksa biasanya di setiap basecamppun juga ada yang jualan kok. Gas ini juga bisa di refill atau isi ulang sehingga jangan pernah dibuang kaleng gas ini setelah habis dan selesai penggunaan ya teman-teman.

7. Senter
Ini salah satu menjadi bagian terpenting dalam pendakian. Karena pada malam hari kita sangat membutuhkan penerangan selama perjalanan. Senterpun ada yang biasa seperti dipegang dengan tangan kita, akan tetapi ada juga senter yang bisa dipakai dikepala atau yang biasa disebut dengan headlamp.

8. Jaket Water Proof
Jaket Water Proof atau jaket anti air, kombinasi berbahan anti air untuk diluarnya dan berbahan hangat seperti selimut di dalamnya. Kelebihan dari jaket ini adalah bisa menahan dan menolak kelembapan serta memiliki sirkulasi udara. Biasanya jaket ini sepasang dengan celananya.

9. Treckking Pole
Tongkat kecil yang bisa dibuat ukuran sesuai keinginan kita. Digunakan untuk menopang tangan kita saat naik atau turun gunung. Selain itu terkadang juga bisa digunakan sebagai topang untuk mendirikan bivak.

10. Sepatu dan Sandal Gunung
Didesain khusus untuk kegiatan outdoor. Sepatu dan sandal ini juga berbentuk sedikit bergerigi yang bertujuan lebih bisa merekat ke tanah atau pasir selama perjalanan. Sehingga meminimalisasi para pemakai dari terpelanting.

11. Sleeping Bag
Adalah kantong tidur yang berbentuk seperti kepompong dan penggunaannya adalah kita masuk kedalam dengan kantung tidur tersebut. Berbahan seperti selimut sehingga bisa memberikan kehangatan pada tubuh kita.

12. Fly Sheet
Berbentuk kotak seperti layar yang bersifat anti air, alat ini digunakan untuk menutup tenda dengan mengikatkan antar tiang satu ketiang lain. Tujuannya adalah untuk menghindari embun, air hujan dan mengurangi sengatan matahari di ruang yang terbuka.

13. Sarung Tangan (Glove) dan Kaos Kaki
Sarung tangan ini bisa dipakai saat mulai mendaki ataupun saat akan beristirahat yang berfungsi untuk menghindari tergores pada saat summit ataupun untuk melindungi tangan dari hawa dingin, karena bagian tangan dan ujung kaki tidak mungkin tertutup oleh jaket.

14. Bag Cover atau Rain Cover
Berfungsi untuk melindungi tas ransel kita dari debu ataupun air hujan sehingga ransel kita tetap bersih selama pemakaian.

15. P3K
Perlengkapan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan. Sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu selama pendakian.

Nah saat ini banyak sekali toko-toko outdoor yang bisa kita temukan di penjuru kota terdekat kita. Bisa juga didapat dengan On Line Shop. Seperti toko CG Out Door di Demak, Jawa Tengah khususnya yang berlokasi di Jl. Demak - Bonang No.72, Kalicilik, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59514 ini juga menyediakan kebutuhan para pendaki dengan komplit. Dengan harga yang bervariasi dan cocok bagi kantong para pendaki.


Perlengakapan Terlengkap di Kota Demak (Juga Melayani Online Shop)

Segala kegiatan Out Door kita memang butuh peralatan yang safety, sehingga kegiatan menyalurkan hoby kita tetap bisa berlangsung dan yang penting adalah rasa aman lah yang paling utama karena sejauah apapun kita pergi tetaplah sampai rumah dengan selamat menjadi tujuan kita. Selain itu yang terpenting buat saya pribadi adalah niatkan menyalurkan hoby kita dengan ibadah dan mensyukuri apa yang Allah SWT telah berikan kepada kita, sehingga kalau kita pandai bersyukur senantiasa Allah akan menambahkan rizki kita. Semoga bermanfaat Aammin.


Comments


EmoticonEmoticon