Kamis, 11 April 2019

Pendakian Gunung Lawu Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu Magetan Jawa Timr

Gunung Lawu yang sangat familiar dan sudah tidak asing lagi pagi para pecinta ketinggian. Apalagi saat ini media sosial yang sangat banyak berperan dalam mempublikasikannya, sehingga seolah-olah sudah menjadi agenda rutin diakhir pekan banyak sekalai anak-anak muda yang sudah mengagendakan mendaki ke puncak gunung yang salah satunya Gunung Lawu. Gunung Lawu ini terletak di dua Provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan Base Campnya ada 3 jalur resmi yang bisa dilewati yaitu Base Camp Candi Cetho di Karanganyar, Cemoro Sewu di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah dan Cemoro Sewu di Magetan Jawa Timur.

Terletak di pinggir jalan raya Karanganyar - Magetan basecamp ini tidak pernah sepi di setiap akhir pekan untuk mendaftar para pendaki yang hendak naik Gunung Lawu. Rp 15.000 untuk tiket masuk dan Parkir Rp. 5000 masih sangat terjangkau bagi kantong para pendaki. 

Pos Pendaftaran Pendakian
Pendakian melalui Cemoro Sewu dikenal sebagai syurganya para pendaki. Memasuki area pendakian akan disambut dengan rimbunnya hutan pinus dan cemara yang sangat sejuk. Jalan masih cukup lebar dan relatif datar. Menuju ke Pos 1 jalan sudah mulai menyempit dan mulai bertemu dengan hutan yang mulai rimbun dengan pohon-pohon yang besar di kanan kiri jalur pendakian. Mendekati pos satu jalur sudah tertata batu dengan rapi sehingga mempermudah para pendaki untuk naik dan turun selama pendakian. 

Perjalanan menuju pos 1 kurang lebih 1,5 s/d 2 jam. Pos 1 Pos Wes Wesan ini ada shelter yang bisa dimanfaatkan para pendaki untuk sejenak istirahat. Ada beberapa warung yang menjajakan jajanannya. Tempatnya cukup luas untuk mendirikan tenda di sekitar pos 1 ini. 

Pos 1

Menuju pos 2 Watu Gedeg juga tidak jauh beda dengan batu yang sudah tertata rapi seperti anak tangga, kurang lebih 1 jam kita akan sampai di Pos 2. Menuju Pos 3 Watu Gede, anak tangga berbatu sudah menanti, yang pasti anak tangga ini akan sangat panjang jaraknya. Terkadang di kanan kiri ada beberapa besi yang bisa digunakan untuk berpegangan. Namun karena sudah lama ada banyak sekali yang sudah rusak karena faktor alam. Kurang lebih 2,5 jam kita akan sampai di Pos 3. Cukup luas untuk mendirikan tenda, namun untuk shelternya sendiri kondisi sudah rusak karena faktor alam yang tidak menentu. 

Menuju pos 4 Watu Kapur, masih dengan batu-batu yang tertata rapi perjalanan cukup menguras tenaga karena perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam, Pos ini tidak cukup banyak menyediakan tempat camp hanya cukup untuk 3-4 tenda saja itupun untuk tenda ukuran 2 atau 3 orang.

Menuju pos 5 yaitu Jolo Tundo, jalur ini jalur yang sangat comfortable, karena jalur yang datar dan pemandangan Gunung lawu sangat cantik. Selain jalur yang datar pohon cantigi yang tumbuh subur juga menambah sejuknya mata saat kita memandang. Kurang lebih setengah jam untuk sampai ke Jolo Tundo.

Pos 5 Jolotundo ini sangat luas warung Mbok Nah sudah menantinya dengan Nasi Pecel, Kopi, Teh dan yang paling favorit buat saya sendiri adalah pisang Kepok Rebusnya Mbok Nah sangat lezat. Ada sumber air yang bisa diambil di sini yaitu Sendang Drajat. Jernih dan segar rasanya saat dahaga menjadi penawar juga buat muka-muka kusut yang semalam menahan kantuk selama perjalanan.

Salah Satu Wanita-Wanita tangguh melegenda Mbok Nah di Gunung Lawu

Dari Jolo Tundo ke puncak tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit kita akan sampai ke Hargo Dumilah puncak Gunung Lawu dengan ketinggian 3265 MDPL

Estimasi Pendakian Gunung Lawu
Basecamp - Pos 1 Wes-Wesan (1,5 jam)
Pos 1 - Pos 2 Watu Gede (2 jam)
Pos 2 - Pos 3 Watu Gedeg (2 jam)
Pos 3 - Pos 4 Watu Kapur ( 2 jam)
Pos 4 - Pos 5 Jolo Tundo (30 menit)
Pos 5 - Puncak Hargo Dumilah (20 Menit)

Bawa sampah kembali ke bawah, dan mulailah mengurangi penggunaan tisu basah, botol air mineral di gunung untuk mengurangi sampah yang tidak mudah busuk. Dan selalu taatilah peraturan pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan

Karena kebersamaan itu akan timbul keceriaan

Comments


EmoticonEmoticon