Senin, 29 April 2019

Pendakian Merbabu Full Sabana via Selo Lama

Merbabu Via Selo Lama

Tidak akan ada habisnya jika kita mau mengeksplor gunung Merbabu yang selalu diminati para pecinta alam. Salah satunya adalah Jalur Selo Lama yang menyuguhkan alam yang sangat mempesona dengan hutan yang masih cukup lebat.

Perjalanan kami mulai dari Pasar Selo setelah mengisi logistik dan mampir ke warung bang Prety Wonan di Pasar Selo. Dari sini kami menuju basecamp Selo Lama. Di jalan kami akan ditarik retribusi per orang Rp. 2500, guna banyar wahana dan pasti akan ditanya mau lewat Gancik atau Selo Lama di situ. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan yang menanjak dengan di Cor semen. Ada beberapa titik yang cor semennya tidak full jalan sehingga harus ekstra hati hati dengan medan yang sempit juga.
Pendaftaran manual yang sekarang sudah mulai diganti dengan on line

Di gerbang pendakian kita akan ditarik sebesar Rp. 15.000 namun karena sekarang baru pengenalan sistem booking online di Merbabu, semoga bisa berjalan dengan baik aamiin. Terlepas dari situ memasuki gerbang pendakian, kita akan memasuki hutan cemara yang cukup rimbun dan ada tempat pengelolaan sampah para pendaki yang dilakukan 3 atau 4 hari sekali. Menuju pos satu kita membutuhkan waktu 1,5 jam. Medan masih bersahabat dengan masih banyak sekali bonus jalan datar bahkan ada yang turun juga jalannya. Pos 1 atau Dok Malang ini berupa dataran yang bisa menampung 15-20 tenda dengan tumbuhan sekitar masih besar-besar sehingga nyaman sekali buat mendirikan tenda di sana.

Dari pos satu ke pos 2, medan mulai menanjak dan ada dua jalur yang akan bertemu sebelum pos 2. Medan cukup terjal dan ada beberapa bagian yang menggunakan tali untuk berpegangan. Hutan mulai terbuka dan bisa melihat beberapa bukit yang perkasa. Menuju pos 2 yang di sebut Pandean ini cukup 45 menit saja. Pos 2 ini sangat luas untuk mendirikan tenda. Beberapa penghuni kawasan ini juga bisa ditemukan seperti Monyet hitam berbulu tebal yang sering berloncatan untuk mencari perdu-perdu yang mereka konsumsi.

Di sebelah barat pos dua ini, nampak dari kejauhan medan yang mulai kembali menggelitik kaki untuk segera menapakinya. Jalan yang sangat bersahat tentunya tidak terlalu tinggi untuk menuju ke Pos 3 atau biasa disebut dengan Watu Tulis. Kawasan ini sangat luas dengan kapasitas lokasi kurang lebih 60 tenda. Dari sini Gunung Merapi sudah mulai mengintip dari sebelah selatan jika cuaca bagus. Sabana yang hijau juga menyejukkan mata kemana arah kita memandang. Namun perlu di cermati jua, lokasi justru pohon pelindung sudah tidak ada, sehingga kalau mendirikan tenda di sini jika ada badai tentunya kurang bersahabat.

Menuju Sabana 1

Menuju pos 4 atau Sabana I yang biasa disebut Jemblongan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lamanya. Diawali dengan medan yang sangat menguras tenaga dan sesekali memandang ke belakang dengan view Merapi yang semakain gagah. Sangat luas di tempat ini dan masih banyak juga pohon pohon edelwis yang  besar sehingga juga sangat nyaman buat mendirikan tenda. View sun rise juga bisa di dapat dari tempat ini hanya kita harus menaiki bukit dan view kota Boyolali juga akan kelihatan.

Di sebelahnya adaah Pos 5 yang biasa disebut dengan Sabana 2 atau gunung Kenong ini bisa memuat kurang lebih 50 tenda. Sabana sangat luas dan tersedia pula WC di pos 5 ini dan masih juga kita dapatkan pohon-pohon edelwis yang tumbuh subur. Ini menjadi pos terakhir sebelum kita summit. Masih juga ada beberapa tempat untuk mendirikan tempat camp di sekitar pos 5 ini dengan mencari tempat yang aman dari badai dan sengatan matahari jika siang hari.

Menuju ke Sabana 3 dan ke Puncak Trianggulasi atau Kenteng Songo kurang lebih 1 jam estimasi waktunya. Menyusuri sabana sebelah barat atau jalur lama di sela-sela bunga edelwis rasanya surga Merbabu ini tidak akan habis pesonanya. Jika masih ada tenaga lebih, bisa juga menyusuri jalan setapak yang dari jalur Suwanting. Nyatanya pemandangan juga tidak kalah cantikanya. Yang terpenting adalah kita tetap menjaga alam dan melestarikannya sehingga anak cucu kita kelak masih akan tetap menikmatinya.

Jalur Suwanting


Estimasi perjalanan gunung Merbabu via Selo Lama
Base camp - Pos 1 = 1,5 Jam
Pos 1 - Pos 2= 1 jam
Pos 2 - Pos 3= 45 menit
Pos 3 - Pos 4 (Sabana 1) = 1 jam
Pos 4 - Pos 5 (Sabana 2) = 30 menit
Pos 5 - Sabana 3 dan puncak = 1 jam

Info Angkutan bisa hubungi bang Prety Wonan 0856-5100-6007

Comments


EmoticonEmoticon