Rabu, 03 Juli 2019

Pendakian Gunung Ungaran, Basecamp Mawar

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 2050 MDPL, menjadi salah satu destinasi para pecinta alam untuk menyalurkan hobinya. Gunung Ungaran sendiri merupakan satu-satunya gunung aktif yang kawahnya tidak berada di puncaknya. Karena kawah gunung ini berada di kaki gunungnya yakni di kawasan Candi Gedong Songo yang berlokasi di Bandungan, Kabupaten Semarang. Gunung Ungaran ini memiliki 2 puncak, yaitu Puncak Benteng Rider dan Puncak Botak. 



Jalur pendakian gunung ini ada beberapa basecamp yaitu, basecamp Mawar, Basecamp Medini, Basecamp yang terbaru yang terletak di Kebun Kopi yang berdekatan dengan kolam renang. Khususnya basecamp Mawar anda akan disambut dengan pemandangan yang tidak kalah cantiknya dengan basecamp lain. Berada diketinggian 1000 an MDPL, kita bisa melihat pemandangan yang cantik di sekitar basecamp. Gunung Merbabu terlihat gagah di sisi selatan juga menambah cantik pesona basecamp ini. 




Basecamp Mawar juga merupakan tempat camp area yang bisa memuat ratusan tenda, bahkan biasanya digunakan untuk upacara menyambut kemerdekaan RI. Tempat parkir yang luas juga menjadi salah satu sarana kenyamanan para pendaki atau penikmat alam lainnya. Mushola juga tersedia di area camp yang mempermudah para pengunjung untuk beribadah. Air yang bersih dari mata air gunung ungaran ini juga tersedia di beberapa toilet.




Jika hanya ingin camp di sini juga tidak perlu khawatir dengan urusan perut ya sobat, karena camp area ini juga sudah tersedia warung-warung yang menjajakan makanan yang cukup murah meriah yang rasanya juga tidak kalah enak di cafe-cafe yang branded.




Kembali ke Pendakian Gunung Ungaran, dari base camp kita akan menuju pos 1 dengan jarak tempuh 30 - 45 menit. Jalan cukup nyaman dan banyak bonusnya. sepanjang jalan kanan dan kiri banyak pohon cemara yang ditanam sebagai pohon perdunya. Pada pos 1 ini kita bisa rehat sejenak diatara hutan-hutan pinus yang rindang. Melanjutkan perjalanan ke pos 2 dengan jarak tempuh sekitar 20 - 30 menit kita akan berjalan di samping pematang pipa air hiingga akhirnya pipa ini berujung di sungai yang mengalir dengan air jernihnya. Di sini kita bisa mengisi bekal air kita untuk di bawa selama perjalanan supaya tidak kehabisan air.




Menuju pos 3 kita akan melewati jalur baru, karena jalur lama juga dibuka jalur pendakian dan harus bayar kembali jika melewati jalur lama. Jalur ini cukup teduh dan jalur mulai dengan tanjakan tanjakan yang masih nyaman dan sesekali bonus. Ketemu dengan pos tiga tempatnya cukup nyaman buat mendirikan tenda kurang lebih 3-4 tenda. Pos 3 ini berada di bawah pohon besar yang rindang sehingga sangat sejuk namun minim pemandangan kecuali semak belukar di sekitarnya.

Pos 3 Jalur Baru Base Camp Mawar

Melanjutkan perjalanan menuju pos 4, jalur mulai berbatu dan beberapa kali harus merayap dan cukup menguras tenaga, sehingga kita harus benar-benar fit kondisi tubuh kita. Kurang lebih 30 menit kita akan sampai di pos 4 ditandai dengan shelter yang berdiri di pos ini. Pos ini juga merupakan pertemuan jalur dari jalur lama juga dari Medini, sehingga tak jarang juga kita akan berpapasan dengan pendaki lain. Cukup luas juga di sekitar pos 4 ini untuk mendirikan tenda, namun tidak jauh beda dengan pos 3.



Dari pos 4 ini kita akan menuju camp area, karena saat ini kita tidak boleh camp di puncak Benteng Rider untuk meminimalisasi sampah di puncak, selain memudahkan para pendaki untuk mendokumentasikan moment saat di puncak. Dari camp area menuju puncak sebaiknya kita membawa day pack untuk bekal dalam perjalanan. Medan ini sangat terjal dengan batu batu besar di sepanjang jalan yang terkadang kita harus merangkak. Kurang lebih 45 menit kita akan sampai di puncak Benteng Rider.

Jalur Menuju Puncak



Dari Puncak Benteng Rider ini jika kita beruntung dengan cuaca yang cerah, kita akan bisa melihat gunung-gunung di sekitar Gunung Ungaran seperti Gunung Telomoyo, Gunung Andong dan Gunung Merbabu akan kita lihat di sisi selatan. Sebelah timur nya ada Gunung Lawu juga terlihat seperti bentuk wajah manusia. Sebelah barat kita bisa melihat Gunung Sumbing, Sindoro, Prahu dan Gunung Kembang. Sebelah Timur Laut kita akan melihat Gunung Muria yang terkenal dengan Puncak Natas Angin, Puncak 29 dan Puncak Abiyoso.




Selain itu dari puncak Benteng Rider ini kita juga bisa melihat kebun teh yang sangat menyejukkan mata, dan bukit-bukit gunung Ungaran yang termasuk tipe gunung gemuk ini. Hutan yang lebat dan hijau menambah cantiknya gunung ini. Di sebelah Barat Daya juga terdapat satu puncak tertingginya Gunung Ungaran yaitu Puncak Botak. 

Puncak Benteng Rider dilihat dari Puncak Botak
Puncak adalah sebagai tujuan akhir bagi para pendaki, namun apabila tidak bisa menggapainya janganlah sekali-kali kita terkalahkan dengan egois kita, karena keselamatanlah yang utama. Oh ya gunung Ungaran ini adalah tipe gunung basah sehingga banyak pacet dalam perjalanan kita. Jadi teman-teman bisa perbekali diri dengan P3K nya untuk mengantisipasi segala sesuatunya.

1 komentar


EmoticonEmoticon