Sabtu, 08 Februari 2020

7 Buah dan Tanaman yang enak dikonsumsi di Gunung


Menjelajah di pegunungan bukan hanya berbekal mental yang kuat saja, akan tetapi butuh juga pengetahuan yang cukup untuk menembus terjalnya medan di gunung. Hutan yang lebatpun juga menjadi salah satu tantangan tersendiri selama berada di jalur pendakian. Tentunya dengan bayaknya hutan di gunung tentu juga menyediakan berbagai sumber energi alternatif yang bisa dikonsumsi oleh para pendaki pada keadaan darurat.

Nah artikel ini akan menulis tentang buah dan tanaman apa saja yang bisa dikonsumsi di gunung pada saat darurat.

1. Buah dan Daun Cantigi, pohon ini mulai bisa kita temukan pada pegunungan yang mulai pada ketinggian 2000 MDPL ke atas. Daun yang berwarna merah yang masih muda bisa juga dicampur pada masakan seperti contoh pada saat membuat mie rebus bisa ditambahkan. Buah cantigi juga bisa dimakan, pada saat buah sudah berwarna hitam. Memiliki rasa manis dan kasar ini menandakan buah Cantigi memiliki kandungan serat yang banyak.
Buah dan Daun Cantigi
2. Buah Murbei, buah ini tumbuh subur di daerah pegunungan, berwarna merah dan berasa manis keasaman. Buah ini mempercepat keluarnya air liur, sehingga bisa mengurangi rasa dahaga dan dehidrasi
Buah Murbei
3. Parijotho, berwarna merah dengan rasa asam, buah ini sebenarnya sangat cocok dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil supaya saat bayinya lahir terlihat bersih.
Parijotho buah khas Gunung Muria Kudus
4. Ilalang, daun yang tajam dan lancip terkadang orang memang kurang suka dengan rumput ini. Namun dibalik itu semua rumput ilalang memiliki akar yang rasanya manis. Biasanya yang banyak kandungan airnya adalah akar ilalang yang sudah tua.
Akar Ilalang atau Alang-Alang
5. Ceplukan, buah ini berwana hijau kekuningan jika sudah masak. Rasanya juga manis keasaman dan biasanya tumbuhan ini hidup di kaki gunung.
Buah Ceplukan
6. Rasberry, Buah ini berbentuk bulat, tumbuh subur di pegunungan. Pohonnya berduri dan seperti merambat dengan batang yang kaku. Berasa manis jika sudah hitam dan kecut jika masih berwarna merah.
Rasbarry

7. Pakis. Pohon ini juga bisa dikonsumsi pada ujung daun yang masih muda untuk dimasak dan dijadikan sayur. Memiliki rasa seperti daun labusiem namun harus dicuci yang bersih untuk mengurangi getah yang berwarna beningnya.
Pakis Muda
Dalam keadaan darurat kita bisa memanfaatkan buah dan tumbuhan yang tumbuh subur di pegunungan. Selain itu buah atau daun yang dimakan oleh monyet juga aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Rencanakan perjalanan anda ke gunung dengan baik, sehingga logistik tetap mencukupi dengan manajemen dan mengatur pola makan dengan baik.
Comments


EmoticonEmoticon