Selasa, 07 Januari 2020

15 Tips Mendaki Musim Hujan


Musim hujan bagi para penggiat alam terkadang bukan menjadi halangan untuk melakukan pendakian. Akan tetapi bagi para pemula yang semangatnya sangat menggebu-gebu terkadang kurang masih harus diberikan wawasan selama pendakian.

Berikut adalah tips mendaki pada saat musim hujan, antara lain:

  1. Selalu update prakiraan cuaca minimal 1 minggu sebelum pendakian
  2. Pastikan perlengkapan mendaki sudah lengkap
  3. Mulailah pendakian pada pagi atau siang hari
  4. Membawa ganti baju dan celana exstra, artinya paling tidak bisa membawa 3-4 baju dan celana, meski begitu tidak harus semua dibawa naik, bisa dititipkan di basecamp.
  5. Pastikan packing dengan benar. Semua barang yang anti air sebaiknya dimasukkan ke dalam plastik sehingga jika terjadi hujan tidak basah.
  6. Packing pada carier sebaiknya juga dilapisi plastik besar (plastik sampah) dan matras dimasukkan kedalam kantong plastik, baru dimasukkan kedalam ceril.
  7. Posisikan barang yang lebih berat ditaruh dipaling bawah ceril atau samping kanan dan kirinya, baru logistik dan pakaian. Dan paling atas bisa juga ditaruh mantol plastik tipis, sehingga pada saat tiba-tiba hujan bisa lebih cepat mengambilnya.
  8. Pastikan cariel juga dikasih bag cover atau rain cover untuk meminimalisasi basah dan kotor pada saat naik dan turun
  9. Pilihlah tempat camp yang datar dan bukan jalun air. Sebaiknya di samping mendirian tenda diberikan selokan kecil untuk menghindari air merembes kedalam tenda.
  10. Sebelum mendirikan tenda akan lebih aman bawah tenda diberikan plastik atau bahan yang tidak tembus air, sehingga jika terjadi hujan deras tidak merembes ke dalam tenda.
  11. Pastikan saat mendirikan tenda tidak berdekatan pohon yang kering untuk menghindari ranting yang jatuh jika terjadi badai.
  12. Jika memang harus mendirikan tenda di sabana pastikan pula tenda terpasang dengan benar dengan pasak yang harus lebih kuat.
  13. Bawalah tenda yang dobel layer dan lindungi pula dengan fly sheet untuk lebih amannya.
  14. Amankan semua elektronik ke dalam plastik untuk menghindari basah dan kerusakan
  15. Jika kondisi cuaca tidak memaksakan untuk sampai kepuncak, jangan pernah memaksakan untuk summit. Keselamatan adalah yang paling utama.
Demikian tips pendakian pada musim hujan, semoga bermanfaat ya teman-teman.
Comments


EmoticonEmoticon