Minggu, 21 Juni 2020

New Normal !!!!!!!!!!!! Gunung Mana Yang Akan Kalian Pilih untuk Pendakian?????

Basecamp Timbua Ampel


Geliat New Normal sudah berdengung hampir ke pelosok Indonesia. Kabar ini sangat menggembirakan bagi para penggiat ekonomi yang sudah beberapa bulan sudah mengistirahatkan diri. Mereka akan kembali memulainya dari 0 lagi. Tidak ketinggalan pula bagi para traveler yang sudah tidak sabar lagi untuk kembali menikmati keindahan alam di Indonesia ini. Rasa jenuh selama beberapa bulan yang hanya berada di rumah dengan Social Distancing dan Physical Distancing membuat mereka ingin segera ke alam bebas untuk melepaskan penat mereka. 

Geliat Basecamp yang sudah mulai dibuka akan mengundang traveler untuk segera menyambanginya dan sudah barang tentu kegiatan ekonomi ini menjadi kembali. Dunia pendakian yang saat ini sedang digandrungi oleh para muda mudi dengan tujuan bermacam-macam pula. Ada yang mencari ketenangan, ada yang mencari pemandangan bagus, ada yang mencari bahan untuk dibuat tulisan atau yutubers dan ada pula yang mendaki untuk swa poto di instamania dan social media lainnya.

Nah sobat ini pilihan ada di tangan para sobat, gunung recomended mana yang akan kalian pilih jika saat pendakian sudah dibuka kembali?? Khususnya di Jawa Tengah.
  1. Gunung Merbabu, terletak di Jawa Tengah yang memiliki beberapa jalur basecamp pendakian antara lain, Basecamp Selo, Basecamp Suwanting, Basecamp Wekas, Basecamp Cuntel, Basecamp Tekelan dan Basecamp Timbua. Semuanya mengerucut di tiga puncak utama yaitu Puncak Syarif, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi dengan ketinggian 3142 MDPL
  2. Gunung Lawu, terletak diantara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki 4 basecamp pendakian antara lain, Basecamp Candi Ceto, Basecamp Jogorogo, Basecamp Cemoro Sewu dan Basecamp Cemoro Kandang. Keempat jalur tersebut akan bertemu di Puncak Hargo Dumilah dengan ketinggian 3260 MDPL
  3. Gunung Sumbing, terletak di kawasa perbukitan Wonosobo dan Temanggung, gunung yang memiliki ketinggian 3371 MDPL ini memeiliki 5 jalur pendakian utama yaitu: Basecamp Garung Wonosobo, Basecamp Bawongso Wonosobo, Basecamp Posong Temanggung, Basecamp Banaran Temanggung dan Basecamp Kaliangkrik Magelang dengan Puncak tertingginya Puncak Rajawali..
  4. Gunung Sindoro, terletak bersebarangan dengan Gunung Sumbing yang memiliki beberapa jalur Pendakian antara lain, Basecamp Kledung Temanggung, Basecamp Banaran Wonosobo, Basecamp Sigendang Wonosobo dan Basecamp Tambi Wonosobo. Puncak tertinggi berada di ketinggian 3150 MDPL.
  5. Gunung Slamet, terletak di beberapa wilayah kabupaten dan memiliki beberapa basecamp jalur pendakian, antara lain, Basecamp Bambangan, Basecamp Dipajaya dan Basecamp Guci yang titik puncak tertinggi gunung Slamet adalah 3428 MDPL.
  6. Gunung Ungaran, terletak di kota Ungaran yang memiliki ketinggian 2050 MDPL ini juga memiliki 2 jalur pendakian resmi antara lain Basecamp Mawar dan Basecamp Medini yang keduanya akan bertemu dengan puncak Benteng Rider.
  7. Gunung Prahu, yang terletak di dataran tinggi Dieng ini ini sangat ramai dikunjungi para pendaki, karena view yang bagus dan jarak tempuh pendakian tidak terlalu lam. Gunung ini memiliki ketinggian 2560 MDPL dan memiliki 3 jalur pendakian utama yaitu, Basecamp Candi Dwipa Dieng, Basecamp Patak Banteng dan Basecamp Wates Wonosobo.
  8. Gunung Kembang, tidak jauh beda dengan Gunung Sindoro, gunung ini memiliki ketinggian 2340 MDPL yang terletak di kaki Gunung Sindoro yang berada di desa Blembem dan sekaligus menjadi basecampnya.
  9. Gunung Andong, terletak di desa Grabag, Magelang gunung ini memiliki ketinggian 1726 MDPL. Jalur pendakian relatif enak dan memiliki dua jalur pendakian yaitu, basecamp Sawit dan Basecamp Gogik.


Pendakian di Era New Normal pastinya mengedapankan protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya virus covid 19. Semoga semua ini segera pulih dan bisa segera kembali membumi untuk menikmati indahnya negeri ini. Aamiin

Comments


EmoticonEmoticon