Kamis, 13 Agustus 2020

5 Gunung Pendek Yang Instagramable di Jawa Tengah

 

Dunia media sosial saat ini menjadi peran penting bagi para penggunanya dengan macam-macam multi fungsi yang tentunya akan berdampak terhadap profit yang didapat dengan menggunakan media sosial ini. Ada yang mendapatkan likers banyak, ada yang mendapatkan followers yang banyak bahkan adapula yang mendapatkan keuntungan berupa uang yang banyak pula.

Sahabat yang menyukai kegiatan outdoor tentunya untuk mendapatkan gambar terbaik harus berburu dengan timing yang tepat. Seperti yang sedang ngehit adalah gunung-gunung pendek yang yang didaki tidak terlalu lama akan tetapi menyuguhkan pemandangan yang bagus dan instagramable. 

Berikut daftar 5 Gunung Pendek yang instagramable di Jawa Tengah yang bisa teman-teman kunjungi.

1. Gunung Prahu (Dieng, Wonosobo)

Gunung ini terletak di dataran tinggi Dieng. Memiliki ketinggian 2.565 MDPL, serta memiliki beberapa basecamp pendakian atara lain, Patak Banteng, Dieng, Wates, Candi Dwarwati. Gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat bagus di sebelah timur bisa melihat gunung Merapi, Merbabu, di sebelah Tenggara bisa menyaksikan logo asli dari salah satu air kemasan yakni Gunung Sindoro, Sumbing dan Kembang. Sebelah barat dari gunung Prahu bisa melihat atapnya Jawa Tengah yaitu Gunung Slamet. Selain memiliki view yang indah, Gunung Prahu juga memiliki padang sabana yang luas dan bunga khas gunung prahu yang sangat canti. Pemandangan ini seakan membuat mata tidak bosan untuk memandangnya. Pendakian rata-rata gunung ini kurang lebih 3 jam untuk sampai puncaknya.

2. Gunung Bismo (Wonosobo)

Gunung ini juga tidak jauh berbeda dengan gunung Prahu, terbentang di dataran tinggi Dieng yang memiliki ketinggian 2.365 MDPL ini menjadi pemandangan terbaliknya gunung Prahu. Dengan view yang hampir serupa hanya yang membedakan posisi gunung Sumbing yang terlihat di sebelah kirinya Gunung Sindoro. Yang menjadi icon gunung ini adalah memiliki Jurang Maut yang sangat dalam seolah menjadi lembah neraka yang sangat hijau pada musim penghujan dan apabila cuaca sangat cerah. Untuk mendaki gunung ini membutuhkan waktu kuranglebih 2-3 jam sampai puncaknya. Akan tetapi tidak diizinkan mendirikan camp di puncak gunung Bismo ini. 

3. Gunung Kembang (Wonosobo)

Gunung Kembang ini memilki ketinggian 2.320 MDPL yang berada di kaki Gunung Sindoro atau penduduk lokal menyebutnya anak gunung Sindoro. Pemandangan yang di suguhkan adalah Gunung Sindoro yang benar-benar di depan mata seakan-akan tinggal menjangkahkan kaki sudah sampai. Hehehehee.... Sepanjang perjalanan kita juga disuguhkan pemandangan Kebun Teh yang terhampar di sepanjang perjalanan benar-benar memanjakan mata. Tapi ingaat, kata orang-orang yang pernah mendaki gunung ini mereka bilang "Kecil-Kecil Cabe Rawet lohhhh". Jadi tidak heran jika naik gunung ini membutuhkan waktu 3-4 jam untuk sampai puncaknya. 

4. Gunung Andong (Magelang)

Siapa yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini, gunung yang memiliki ketinggian 1726 MDPL ini mendadak viral saat banyak pengguna media sosial yang mengunggah foto gunung Andong dengan  latar belakang gunung yang sangat komplit di sekitarnya. Ada gunung Merbau dan Merapi, Telomoyo dan Ungaran, Gunung Lawu serta gunung Sindoro dan Sumbing. Tidak jarang pula lautan awan di sekitarnya yang seakan-akan seperti gulungan kapas yang empuk seperti kasur untuk rebahan. Transportasi yang mudah dan pendakian yang hanya sekitar 1 jam membuat gunung ini tidak pernah sepi dari para pecinta kegiatan hiking dan yang utama adalah memiliki pemandangan yang sangat lemgkap.

5. Gunung Telomoyo (Getasan, Salatiga)

Bersebelahan dengan gunung Andong, awal Agustus 2020 ini sempat viral di media sosial dengan pendakian gunung telomoyo dengan menggunakan motor. Dimana jalur pendakian melalui jalur Ardat dipenuhi dengan pengendara motor yang sangat banyak. Rata-rata mereka ingin menyaksikan lautan awan yang terbentang di barat daya gunung ini. Dengan latar belakang gunung Andong, Sindoro dan Sumbing yang sangat gagah untuk dinikmati dengan bidikan kamera para petualang. Namun jika menginginkan jalur pendakian yang biasa juga bisa. Terdapat dua jalur resmi yang bisa coba yaitu basecamp Arsal dan Basecamp Watu Tumpeng.

Jadii... gunung mana man teman yang kalian pilih untuk menjadi media hunting spot kalian. Tapi jangan lupa tetap jaga kesehatan, protokol kesehatan dan selalu MASKER jangan sampaik ketinggalan selama Pandemi Covid 19 ini masih belum berakhir.


2 komentar


EmoticonEmoticon