Minggu, 12 Januari 2020

Cara Booking On Line, Pendaftaran dan Persyaratan Naik Gunung Semeru


Ranu Kumbolo
Gunung Semeru adalah salah satu Seven Summit gunung di Indonesia sehingga banyak sekali pendaki dari dalam dan luar negeri yang mengunjungi Taman Nasional Gunung Semeru. Akan tetapi terkadang masing bingung bagaimana cara booking gunung Semeru.

Ini adalah alurnya pendaftarannya:

  1. Klik URL yang benar, para calon pendaki bisa mengunjungi website sebagai berikut untuk memulai booking on line   https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/ 
  2. Baca SOP Pendakian, Cermati SOP Pendakian Taman Nasional Gunung Semeru sebelum melakukan pendaftaran.
  3. Pilih Jadwal, Tentukan tanggal berangkat dan pulang pendakian.
  4. Pengisian Form, pada tahap ini Lengkapi Bio Data, Email dan nomer HP/WA yang benar. Konfirmasi pendaftaran akan dikirim melalui pesan SMS.
  5. Cek Kode Booking, setelah melakukan booking online, cek kode booking pada email atau halaman website untuk mendapatkan nomer virtual account. 
  6. Pembayaran, batas pembayaran adalah 5 jam setelah pendaftaran. Lebih dari 5 jam pendaftaran dianggap hangus. Pembayaran hanya dengan virtual account. Pembayaran bisa ditransfer melalui rekening bang BNI di kota terdekat.
  7. Cek Konfirmasi Pembayaran, Ketua kelompok akan menerima SMS dan Email bukti pembayaran.
  8. Cetak Lampiran, Cek email atau input-kan kode booking pada menu pencarian di halaman website booking online. Cetak bukti pendaftaran, Surat Pernyataan, Daftar perlengkapan untuk rangkap 3 dan dibawa ke tempat Ceck In Base Camp Ranu Pane

Check in di Base Camp Ranu Pane

  1. Pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB
  2. Pastikan ketua rombongan sudah memegang Surat Pernyataan, Bukti Transfer serta Daftar        Perlengkapan yang masing-masing di foto copy rangkap 3 disertai KTP asli masing-masing ketua kelompok.
  3. Serahkan kepada petugas pendaftar di Lobi 1 dan setelah lolos ceck list akan mendapatkan tiket masuk gunung Semeru. 
  4. Masuk ke dalam ruangan breefing sebelum pendakian bersama dengan kelompok lain.
  5. Setelah selesai breefing pendakian bisa dimulai.
  6. Semua berkas administrasi dan tiket sebaiknya dibawa oleh ketua rombongan.
  7. Pelaporan saat turun dari Gunung Semeru ditutup pada pukul 5 sore hari. Jika lebih dari jam 5 bisa melakukan pelaporan besok harinya dengan menujukkan berkas administrasi dan tiket pendakian.

Base Camp Ranu Pane

Persyaratan Mendaki Gunung Semeru:

  1. Mengisi formulir, Jumlah minimal pendakian Gunung Semeru adalah 3 orang yang terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota. Jumlah maksimal dalam satu rombongan adalah 9 orang yang terdiri 1 ketua dan 8 anggota, jika jumlah lebih dari 9 orang maka harus dibentuk 2 kelompok dan seterusnya.
  2. Melampirkan foto KTP, Kartu Keluarga (Jika belum punya KTP), Paspor (bagi pengunjung orang asing).
  3. Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Sehat dokter ini bisa diperolah dari puskesmasi masing-masing pendaki dengan catatan penanggalan sesuai dengan hari H pendakian. Selain itu juga bisa didapat di Pasar Tumpang atau Base Camp Ranu Pane dengan biaya Rp. 25.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).
  4. Mengisi Daftar Perlengkapan, daftar perlengkapan mendaki bisa juga dibaca di website berikut.  http://www.mountlover.com/2020/01/peralatan-mendaki-gunung-yang-wajib-di.html  

Keterangan:
Apabila lupa belum memoto copy persyaratan, di depan base camp Ranu Pane juga ada foto copy yang siap melayani para pendaki. 

Setelah semua teknis keberangkatan lebih baik mencari jeep yang dimulai dari Pasar Tumpang. Biasanya para pengelola jeep dari Pasar Tumpang harga satu paket jeep sudah termasuk home stay nya dengan catatan tetap menjaga kebersihan home stay. 

Base Camp/Home Stay Rindu Alam Adventure di Pasar Tumpang

Sebagai Rekomendasi adalah Home Stay Rindu Alam Adventure. Beralamat di No 17 Gang Flamboyan 3 Desa Malangsuko Kec Tumpang Malang, Home stay ini dimiliki oleh Abah Arsy yang biasa dipanggil bang Arsy atau Pakde Arsy. Beliau sendiri pernah menjadi ketua kelompok pengelola jeep dan untuk saat ini beliau menjadi Pembina Paguyuban Jeep Semeru-Bromo di Pasar Tumpang. Selain itu beliau di masa mudanya juga anggota SAR di Taman Nasional Gunung Semeru. Kotak beliau Tlp, SMS, WA +62 822-6522-4003.
Comments


EmoticonEmoticon