Sabtu, 30 Maret 2019

Basecamp Cunthel, Gunung Merbabu Kopeng Salatiga

Jalur Basecamp Pendakian Gunung Merbabu via Cunthel Kopeng

Basecamp ini terletak di tengah perkampungan Desa Cunthel, Kopeng, yang masuk wilayah Kabupaten Semarang. Untuk menuju basecamp ini bisa ditempuh dari beberapa arah, Jika dari Magelang bisa lewat jalan alternatif Magelang - Salatiga berjarak kurang lebih 15-20 Km berada di sebelah kanan jalan. Tepatnya setelah alfamart yang bersampingan dengan wisata Kopeng. Maju 50 meter akan bertemu dengan pertigaan dan nanti akan ada papan petunjuk ke arah basecamp Cunthel.
Untuk dari wilayah Semarang - Solo bisa turun mengambil arah jalan lingkar Salatiga. Akan bertemu dengan perempatan yang mengarah ke Kopeng kurang lebih 5-8 km. Akan bertemu dengan Indomaret di Kopeng setelah Pombensin mengambil arah yang lurus dan sudah ada papan petunjuk menuju arah basecamp.

Menuju basecamp Cunthel ini akan melewati hutan cemara yang merupakan arena untuk Pramuka dan lain sebagainya. Di sebelah kiri parkir ada air terjun yang lumayan tinggi dan ada taman yang bisa digunakan untuk relaksasi. Air terjun ini akan bagus pada musim hujan. Setelah melewati hutan cemara akan bertemu dengan kebun para petani dan ada Gardu Pandang yang cukup bagus. Dengan pemandangan Gunung Telomoyo dan Gunung Andong dan saat sore dengan sun set yang lumayan bangus.

Dari gardu pandang ini menuju basecamp kurang lebih setengah kilometer. Kita akan disambut dengan Top Selfie area. Cukup bagus buat para pemburu fotoprofile atau instagramable di sini. Cukup bayar Rp 2000 untuk parkir sepeda motor sudah bisa mencoba beberapa area untuk berseleb ala ala katanya hehehehe.

Memasuki area basecamp Cunthel, area ini cukup luas bisa menampung 50 motor di dalam dan 10-20 mobil di luar. Namun untuk even even tertentu terkadang parkir motor bisa melebar ke arah pemakaman di samping basecamp. Masuk ruang basecamp, sangat artistik, selain dengan cat yang baru kemudian ruangan juga bersih sehingga nyaman buat istirahat. MCK juga bersih dengan mata air yang masih alami.

Halaman Basecamp Cuthel yang cukup luas

Ruangan basecamp yang sangat nyaman buat istirahat

Untuk urusan logistik, tenang kawan, ada warung pakde Tono yang siap 24 jam melayani konsumennya. Warung yang kecil ini sangat bersih sekali, sedikit taman yang unik menambah cantik warung ini. Menu yang ditawarkan pun juga beraneka macam dan yang mantap adalah nasi pecelnya. Harga terjangkau tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, cukupanlah buat kantong para pendaki yang rata-rata hampir suka semua jenis makanannya.

Menu favorit, pecel ayam sambal bawang

Bisa dihubungi setiap saat alias 24 jam

Warung pakde Tono ini juga menyediakan toilet yang bersih, dengan uang Rp 2000 sudah bisa membersihkan badan setelah turun dari Gunung Merbabu. Bagi tamu yang kemalaman dan bila menginginkan penginapan di tempat pakde Tono pun tersedia sebuah kamar yang sangat nyaman buat untuk istirahat.

Oh ya di basecamp ini, pemandangannya juga tidak kalah cantik loh kawan, Gunung Andong, Gunung Telomoyo dan Sindoro Sumbing juga kelihatan jika cuaca cerah. Udara yang sejuk dan alam yang masih alami, penduduk yang ramah saya rasa ini akan membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama disini. Untuk pendakian gunung Merbabu sendiri dipatok harga Rp. 15.000 dengan parkir motor Rp. 5000 dan mobil Rp. 10.000.

Depan Basecamp Cunthel
Dijamin tidak akan mengecewakan, untuk basecamp dan travel info bisa dihubungi