Kamis, 14 Maret 2019

Gunung Sindoro yang Selalu Indah dan Menarik


Gunung Sindoro atau Gunung Sundoro merupakan gunung api yang masih aktif hingga saat ini, Gunung ini tercatat terakhir mengeluarkan abu vulkanik pada tahun 1906 yang mengakibatkan tanaman para petani di wilayah Kledung rusak dan mati. Gunung Sindoro yang memiliki letusan tipe strombolian ini memilik ketinggian 3153 MDPL. Berdiri diantara dataran tinggi Dieng dan Gunung Sumbing, gunung ini menjadi gunung incaran untuk para pendaki yang memiliki hobi berpetualang. 

Gunung Sindoro memiliki tipe hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montain dan Hutan Gunung. Cenderung hutan yang lebat hingga pertengahan gunung atau di batas vegetasi. Hutan lamtoro yang mayoritas yang bisa kita temui. Setalah batas vegetasi akan kita temukan Bunga Edelwis. Sabanapun juga bisa kita jumpai meskipun tidak terhampar luas namun cukup cantik terlihat di lereng Sindoro.

Untuk mendaki Gunung Sindoro ini ada beberapa basecamp yang bisa dilewati, Basecamp Kledung. Terletak di perbatasan antara Temanggung dan Wonosobo. Basecamp ini terletak di jalan utama Wonosobo dan Temanggung. Sehingga akses untuk transportasi sangat mudah. Ada juga layanan ojek sampai pos 1,5 dengan tarif 20-25 ribu rupiah. Berseberangan dengan gunung Sumbing, sehingga saat mendaki akan selalu melihat gagahnya gunung Sumbing yang terkenal dengan Puncak Rajawalinya. Melewati jalur ini ada tempat camp favorit diantaranya Pos 3. Pos ini cukup terbuka dan ada shelter yang terkadang ada pedagang yang menjajakan gorengan hangat dan air mineral. Namun perlu diwaspadai pada pos ini terkadang masih ada binatang liar yang suka mengganggu para pendaki untuk berbagi makanan. 

Tempat yang lain adalah sun rise camp yang terletak diantara pos 3 dan pos 4. Tempat ini sangat luas sehingga bisa memuat puluhan tenda. Sehingga tidak jarang pula ditempat ini akan full dengan tenda. Diantara sun rise dari jalur ini akan terlihat Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo.

Watu Tatah atau pos 4, menjadi batas camp terakhir. Tidak cukup luas tempatnya hanya muat beberapa tenda saja. View yang disuguhkan tidak jauh beda dengan sun rise camp, hanya di sini ada tempat instagramable yaitu watu tatah yang biasa digunakan untuk mengabadikan moment yang jarang didapat.


Area watu Tatah


Menuju puncak kita akan semakin mendapatkan tanaman yang sudah mulai meranggas karena terkontaminasi asap sulfatara yang kian hari kian besar. Mendekati puncak kita akan melihat hutan mati dengan background gunung Sumbing yang terligat gagah. 


Hutan Mati


Di Puncaknya kita akan melihat semburan asap sulfatara yang sangat tebal, asap ini juga sangat menyengat sehingga perlu menggunakan masker yang tebal supaya tidak tembus asapnya karena memang cukup berbahaya, apalagi jika arah mata angin yang tidak tentu arah ini akan sangat mengganggu pernafasan kita.

Basecamp yang lain adalah Jalur Naga Sindoro Via Banaran. Basecamp ini terletak di desa Ndoro Arum, Wonosobo. Untuk mencapai lokasi ini. Dari terminal mendolo maju sedikit ada jalan alternatif dieng naik terus sampe ke gapura lengkong dan menyusuri jalan itu akan sampai di desa tertinggi yaitu desa Banaran. Jalur ini terkenal dengan jalur naga gunung Sindoro. 



http://petalokasi.org/Kabupaten-Wonosobo/Bc-sindoro-via-ndoro-arum-3881860/



Melalui jalur ini pada saat cuaca cerah kita akan dimanjakan belaian matahari di sebelah barat. Sun set menjadi target para pendaki jika melewati jalur ini. Ada 4 pos yang bisa dilewati untuk menuju ke puncak gunung Sindoro ini. Pos 1 dikenal dengan NGRATA, karena jalur yang rata dan cukup rimbun hutan cemaranya. Pos 3 atau Watu Putih, ada beberapa nama jalur yang unik antara lain Tanjakan Mertua Galak, Batu Peleranan dan yang paling favorit adalah pos 4 yang di sebut pos Uci-Uci yang menjadi spot sun di jalur ini. 






Jalur Ndoroarum ini berujung di Lapangan yang sering digunakan untuk upacara pengibaran merah putih pada bulan Agustus. Sangat lebar dan rata lapangan ini sehingga tempat ini menjadi agenda tahunan untuk melaksanakan upacara di sana. 


Contact person di jalur ini bisa menghubungi Bolodewo nama FB nya dengan 
nomer +62 858-8252-0073
Comments


EmoticonEmoticon