Kamis, 30 Januari 2020

5 Kesehatan Yang didapat Saat Mendaki Gunung

Gunung Lawu

Berbicara kegiatan out door memang tidak akan habisnya, karena kegiatan ini menjadi salah satu alternatif yang akhir-akhir ini digandrungi para remaja baik mereka yang masih sekolah sampai mereka yang berada di bangku perkuliahan. Ada pula mereka yang memiliki komunitas ataupun mereka yang sudah memiliki keluarga. 


Kegiatan out door ini memang memiliki keunikan tersendiri, masih bersifat kegiatan olahraga, namun kegiatan ini menjadi sebuah paket yang komplit dari sebuah olah raga. Dengan cara ini biasanya kita bisa menciptakan beberapa keuntungan terhadap kesehatan kita sendiri antara lain:

  1. Memperkuat Otot Kaki, karena kegiatan mendaki gunung itu kegiatan berjalan yang sangat panjang, sehingga bisa meningkatkan kekuatan otot kaki selama perjalanan. Jalur yang naik turun inilah yang membuat kaki kita lebih aktif dan semakin kuat.
  2. Memperkuat Ototo Bahu, tentunya dalam pendakian kita tidak hanya berjalan saja, akan tetapi kita juga membawa beban yang rata-rata bisa lebih dari 15 kg di tubuh kita. Tentunya beban inilah yang akan membuat bahu kita lebih kuat untuk menahan sebuah beban selama perjalanan naik dan turun dengan waktu yang cukup lama.
  3. Memperlancar Pernafasan, sudah barang tentu gunung mempunyai kandungan udara yang sangat bersih dibanding kita berada di sebuah perkotaan. Udara yang segar dengan kandungan oksigen yang lebih banyak juga saat di hutan, tentunya akan membuat pernafasan kita lebih sehat dan lancar.
  4. Menyehatkan jantung dan Paru-Paru, detak jantung kita menjadi urat nadi yang sangat vital. Karena itu untuk meningkatkan detak jantung kita kita perlukan latihan atau olah raga yang rutin yang harus kita lakukan. Mendaki gunung dengan perjalanannya yang naik dan turun tentunya kita akan bisa mengatur ritme pernafasan untuk bisa melanjutkan langkah kita hingga sampai ke tempat tujuan. Ritme langkah kita inilah yang akan membuat ritme jantung kita juga berdetak sesuai dengan medan yang kita tempuh. Tentunya inilah yang membuat jantung dan paru-paru kita lebih sehat.
  5. Menyehatkan Mata, sudah barang tentu ketika kita di kesibukan kita dalam sehari-hari pasti kita akan berkutat dengan segala pernik-pernik pekerjaan kita. Komputer, buku, mesin ataupun jarak pandang yang terlalu dekat dengan gedung-gedung pencakar langit yang berwarna warni. Kebiasaan inilah yang membuat mata kita cepat lelah dan akhirnya berakibat rasa kantuk yang segera menyerang. Dengan mendaki gunung tentunya selama perjalan kita akan melihat hamparan tumbuhan yang hijau dan bisa memandang dengan jarak yang luas. Tentunya ini akan menambahkan kesehatan mata kita.
Gunung Merbabu
Tentunya kigiatan mendaki gunung bukan hanya untuk coba-coba saja serta mengikuti anak jaman now. Namun proses sebuah pendakian haruslah disiapkan dengan matang, sehingga tujuan perjalanan akan tercapai dan tentunya nilai sehat itu kita dapatkan.
Comments


EmoticonEmoticon