Selasa, 25 Februari 2020

Tips Menghadapi Kondisi Tersesat Saat Mendaki


Saat memutuskan untuk mendaki sebuah gunung, tentunya sudah memahami segala resiko yang akan dihadapi di medan pendakiannya. Selain itu pula tentunya kita juga harus menyiapkan mental dan segala perlengkapan yang dibutuhkan saat mendaki. Untuk yang sudah terbiasa mendaki tentunya harus banyak berbagi pengalaman yang sekiranya masih butuh bimbingan. Namun apabila akhirnya terjadi juga dalam kondisi tersesat sebaiknya kita harus melakukan hal sebagai berikut. antara lain:

1. Tetap Tenang
Mudah sekali untuk menulis huruf diatas, tetapi bagi pndaki pemula sangat sulit untuk tetap tenang menyadari dalam kondisi tersesat, tetapi mau tidak mau bersikap tenang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup dan yakin bahwa anda pasti akan ditemukan oleh tim penyelamat adalah dua hal yang harus anda tanamkan pada diri anda.

2. Kembali ke titik awal atau terus ke puncak
Dalam kondisi tenang diharapkan anda akan bisa berfikir jernih, selanjutnya anda punya pilihan kembali ke titi awal atau melanjutkan perjalanan ke puncak. Keputusan ini tergantung beberapa pertimbangan seperti kondisi fisik, logistik yang tersedia, tingkat kesulitan jalur dan perkiraan jarak antara kembali ke titik awal atau tetap meneruskan ke puncak, tetapi kalau hari sudah mulai gelap sebaiknya langsung dirikan shelter untuk bermalam. Putuskan dengan makan dan jalani dengan penuh keyakinan kalau anda pasti akan kembali masuk peradapan.

3. Tinggalkan Jejak sebagai penanda
Saat memutuskan kembali ke titik awal atau meneruskan ke puncak, jadikan lokasi pertama anda tersesat menjadi titik 0 atau titik awal perjalanan anda. Tinggalkan jejak dengan memberi tanda lokasi tersebut, bisa dengan apa saja yang penting mudah terlihat. Lebih bagus lagi dengan meninggalkan sedikit catatan yang berisi waktu dan rencana perjalanan anda.

4. Cari Lokasi Strategis dan Buat Signal
Tindakan terakhir yang harus dilakukan jika tidak juga menemukan jalan keluar atau anda terlalu takut untuk mencari jalan keluar adalah membiat shelter di lokasi yang cukup aman, nyaman dan cukup strategis seperti dekat dengan sumber air dan area yang cukup terbuka sambil menunggu tim penyelamat menemukan anda. Buat sinyal dari api atau tumpukan batu, kayu atau bahan lainnya sebagai penanda posisi agar mudah terlihat dari atas atau dari kejauhan
Posisi Puncak Akan Lebih Mudah diketemukan jika kondisi badan kita masih memungkinkan
Sebaiknya saat kita mendaki memang kita harus benar-benar siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi sehingga dalam sebuah tim akan terasa mendapatkan kenyamanan selama mendaki. Kalaupun ada sebuah kekurangan dalam satu tim memang harus saling menutupi setiap kekurangan tersebut.

Comments


EmoticonEmoticon