Senin, 21 Desember 2020

Embung Kledung, Harga Murah tapi Fasilitas Tidak Murahan

 

Gunung Sindoro 

Liburan telah datang teman-teman, khususnya bagi yang hampir 6 bulan berkutat dengan pekerjaan sekolah, kuliah ataupun pekerjaan. Nah... untuk mengisi liburan sudahkah anda menyiapkan persenjataan untuk mengisi liburan akhir tahun ini??

Selain kondisi dompet tentu juga harus menyiapkan fisik, kesehatan dan jangan pernah berhenti untuk menjaga jarak, protokol kesehatan dan selalu pakai masker dimanapun berada. Karena meski tidak terlihat virus covid - 19 ini tetap menjadi momok tersendiri khususnya bagi para traveler, backpacker atau temen-temenya.

Jika para travelers singgah di Jawa Tengah, banyak tempat yang cantik yang tidak boleh ditinggalkan karena di wilayah Jawa Tengah banyak sekali tempat-tempat nan eksotik yang sangat memanjakan mata, disamping untuk merefreshkan pikiran penat setelah sekian lama beraktivitas dalam kesibukan.

Nah kali ini saya akan sedikit mengulas tempat wisata murah yang tidak murahan yang lokasinya mudah dijangkau dari jalan raya.

Embung Kledung dilihat dari atas

Embung Kledung

Berada diketinggian 1200 MDPL embung ini berada di Temanggung Jawa Tengah dan tepatnya di Jalan Raya Parakang-Wonosobo KM 12, Area Sawah, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 56264.

Embung Kledung ini merupakan danau kecil/Waduk buatan yang dipergunakan sarana penampungan air untuk area petani di kaki Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3150 MDPL. Namun karena lokasi yang strategis dan memiliki pemandangan yang sangat bagus, akhirnya Embung Kledung ini dikelola menjadi destinasi wisata yang sangat menarik para travelers atau sekedar singgah sesaat di embung ini. 

Selain untuk kebutuhan perairan warga, embung ini juga dijadikan tempat untuk kegiatan outdoor, camp ceria, serta berbagai acara yang bersifat alam. Harga tiket masuk juga tidak terlalu mahal hanya Rp. 4000. Sedangkan untuk parkir motor hanya dikenakan Rp. 2000, Parkir mobil Rp. 5000 dan parkir bis Rp. 7000, sangat murah bukan??? Dengan harga yang sangat terjangkau kita bisa menikmati pemandangan yang sangat bagus.  Bagi travelers yang ingin singgah di sana dan tidak bawa tenda, juga sudah tersaji cukup membayar 50K untuk semalam dengan tenda kapasitas 3-4 orang.

Rute Embung Kledung

Jika dari arah Temanggung bisa mencari arah Jalan Raya Temanggung - Wonosobo. Setelah ketemu dengan Pom Bensin sebelah kanan jalan, maka akan bertemu dengan TPU (Tempat Pemakaman Umum). Nah dari situ bisa belok kanan dan masuk melewati jalan perkampungan yang ditata rapi dengan batu-batuan. Kurang lebih 500 M akan menemukan lokasi ini.

Jika dari arah Wonosobo, kita bisa belok kiri di pertigaan Kertek, kurang lebih 10-15 km kita akan ketemu dengan gerbang perbatasan Temanggung dan Wonosobo. Maju 500 M kita akan ketemu Basecamp Gunung Sindoro di Kledung. Dari situ juga tidak jauh lagi bertemu dengan TPU belok kiri setelahnya bertemu dengan pemakaman tersebut.

Fasilitas Embung Kledung

Fasilitas yang ditawarkan juga sangat variatif seperti, Rumah Pohon, Ayunan, Tempat Camp, Toilet, Mushola, serta tempat parkir yang luas, sehingga kita tidak perlu bersusah payah jika kita membutuhkan semuanya.

Sementara jika di lokasi Embung Kledung yang paling unik adalah, kita bisa melihat bayang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing pada sudut yang berbeda. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik buat para traveler untuk singgah di Embung Kledung ini. 


Jadi, segera persiapkan liburanmu, biar murah tapi tidak murahan.


Comments


EmoticonEmoticon