Sabtu, 03 Juni 2023

Amazingnya View Gunung Cilik

 


Jika perjalanan kalian ke daerah Wonosobo dan sekitarnya, jangan lupa buat singgah di Gunung Cilik yang amazing viewnya. Gunung yang berada di area Gunung Damarkasiyan, kecamatan Kertek, kabupaten Wonosobo ini memiliki ketinggian 1550 MDPL. 

Untuk menuju gunung Cilik juga tidak terlalu sulit, dari arah Temanggung bisa mengambil arah Parakan-Kertek. Setelah sampai di perbatasan Temanggung dan Wonosobo sekitar 2-3 km akan bertemu Pom Bensin di sebelah kiri jalan. Di depan pom bensin ada jalan dengan petunjuk arah ke Telaga Bedakah dan Gunung Cilik. Jalan perkampungan yang sedikit menanjak dan berupa jalan yang di cor sudah sedikit rusak. Kurang lebih 1,5 km akan bertemu dengan jalan beraspal dan belok kiri. Perjalanan akan bertemu dengan truk-truk penambang pasir atau mobil sayur. Jalan menuju ke lokasi cukup lebar dengan view Gunung Sindoro sebelah kanannya.

Kurang lebih 2 km sampai di Telaga Bedakah dan mengambil arah kanan. Dari sini mata akan mulai dimanjakan dengan kebun teh yang menghijau serta petani-petani yang mengambil daun teh. Kurang lebih 2 km lokasi Gunung Cilik berada di sebelah kanan jalan.

Mencapai gunung cilik jalan berbatu yang tertata rapi akan kita lalui. Kondisi motor sebaiknya dalam keadaan sehat karena jalan yang berupa tanjakan yang cukup tinggi. Untuk yang menggunakan mobil bisa parkir di bawah dan menyewa jasa ojek yang tersedia. Kalaupun berani untuk mengendarai sampai basecamp sebenarnya tidak masalah, akan tetapi medan yang cukup sempit buat kendaraan roda empat harus ekstra hati-hati saat berpapasan dengan mobil lain. 

Berkunjung ke Gunung Cilik sebaiknya pada bulan-bulan Mei dan seterusnya. Usahakan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Kondisi pagi hari jika tidak berkabut maka pemandangan yang amazing akan pembaca dapatkan. Gunung Kembang dan Gunung Sindoro berdiri gagah di balik hamparan kebun teh yang hijau dan menyejukkan mata. Jika ingin mendirikan tenda dan camping di gunung Cilik sebaiknya di kaki gunung ini tepatnya sebelah timur pintu masuk. Karena cuaca yang tidak bisa ditebak jika beruntung dapat view yang sangat bagus namun yang tidak beruntung akan dapat view kabut yang cukup tebal. 

Saat view sekitar berkabut

Ada dua jalur untuk menuju puncaknya, jalur lama belok kanan dan jalur baru belok. Semuanya akan bertemu di puncak dengan durasi perjalanan kurang lebih 20-30 menit. Harga tiket masuk hanya Rp. 5000 dan parkir Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat. Di tempat parkir juga ada pedagang makanan ringan yang bisa kita beli dengan harga yang cukup untuk kantong para traveler.

Comments


EmoticonEmoticon